Sunday, March 27, 2011

Apa itu Worn dan Virus??


Istilah “virus” selalu digunakan sebagai suatu ancaman umum untuk setiap malcode (program atau script yang di buat dengan tujuan membahayakan atau merugikan sebuah sistem komputer), seperti worm, trojan bahkan hoax yang sesungguhnya bukan sebuah virus komputer, berikut adalah beberapa jenis melcode tersebut :
Computer virus : merujuk pada program yang memiliki kemampuan untuk ber-reproduksi, menulari program lain dan menjadikan file-file program tertular sebagai file infektor.
Computer worm : merujuk pada program independen yang memiliki kemampuan untuk ber-reproduksi, menulari sitem komputer dan walaupun mampu unutk menulari program lain namun tidak bertujuan untuk menjadikan file tertular sebagai suatu file infector.
Trojan horse : merujuk pada program independen yang tampaknya berguna, dan ketika di eksekusi, tanpa sepengetahuan pegguna, juga melaksanakan fungsi-fungsi yang bersipat destruktif dan merugikan.
Melicios toolkits : merujuk pada program yang di desain untuk membantu menciptakan program-program yang dapat membahayakan sebuah system komputer. Contoh dari program jenis ini adalah tool pembuat virus dan program yang di buat untuk membantu proses cracking atau hacking.

Dari beberapa keterangan di atas dapat di perjelas bahwa worm adalah suatu algoritma atau program yang mereproduksi diri sendiri dari system ke system dengan menggunakan media penyimpan atau suatu jaringan.

Worm tidak menginfeksi file program lain dengan tujuan menjadikan file terinfeksi tersebut sebagai file infektor. Worm walaupun bekerja tanpa terinteraksi user, bisa merusak sebuah data secara langsung atau menurunkan kinerja system dengan “mengikat” sumber daya system komputer dan bahkan bisa mematikan sebuag jaringan. Berbeda dengan virus yang melakukan infeksi dengan ‘menumpang’ pada file program lain, menunggu interaksi user dan menjadikan file terinfeksi sebagai file infektor.

Sumber : aminudin.net

Share

0 comments:

Post a Comment