Friday, March 25, 2011

“Disable Auto Run” untuk Menghindari Virus dari Flashdisk

Memang benar kata orang tua, dunia kini semakin edan.. bukan hanya dari bidang teknologinya saja, namun juga terlihat dari banyaknya virus-virus yang memang bisa membuat PC dan user merasa bener-benar dibuat edan juga. Bayangkan, virus masakini selain bener-bener bisa menaklukan system juga bisa membuat data penting kita menjadi hilang dalam waktu sekejap. Akhir-akhirnya jika benar-benar sudah terinfeksi si virus paling jalan terakhir adalah install ulang, merelakan data-data system hilang begitu saja. Tentunya kita sebagai pengguna computer ga mau dong hal ini sampe terjadi..

Nah, salah satu pencegahan terjangkitnya virus ke PC kita adalah dengan cara mematikan/men-disable auto run dari flashdisk. Karena ketika kita memasukkan flashdisk ke komputer, maka secara default windows Xp akan langsung membuka task baru dengan fungsi Auto run/auto play. Banyak varian virus yang menggunakan fungsi ini untuk mengaktifkan diri mereka kemudian menginfeksi komputer kita. Jadi, kita akan berusaha untuk meminimalisir jalan masuk virus dengan cara meng-nonaktifkan fungsi Auto Play ini.

Menghilangkan fungsi Auto Run/ Auto Play :

- run “gpedit.msc”
- klik Administrative Templates di bawah Computer Configuration
- klik System
- klik Turn Off Auto Play
- pilih Enabled
- kebawah pilih All Drive
- OK

- masih di Group Policy
- klik Administrative Templates di bawah User Configuration
- klik System
- klik Turn Off Auto Play
- pilih Enabled
- kebawah pilih All Drive
- OK
- tutup lalu restart

Cara lain yang cukup efektif antara lain adalah dengan mengaktifkan user Guest dan selalu login dengan user guest tersebut. Dengan user Guest maka secara tidak langsung kita akan mematikan fungsi registry. Virus akan selalu manginfeksi file registry ini dan merubah value di dalamnya. Bila ingin menginstall software baru maka kita cukup menggunakan “Run As” Administrator dari user guest. Dan yang terakhir adalah selalu mengupdate anti virus secara rutin.

Selamat mencoba! Share

0 comments:

Post a Comment